Iklan-Iklan Kesmas

Selamat memperingati Hari Kesehatan Sedunia!

Small Bite, Big Threat. Ya, penyakit bersumber vektor seperti Demam Berdarah, Filariasis, dan Malaria memang menjadi tema utama pada Hari Kesehatan Sedunia di tahun 2014 ini.

Mendengar nama penyakit “demam berdarah”, saya jadi teringat perkataan salah satu dosen saya. Beliau pernah mengatakan bahwa bidang ilmu kesehatan masyarakat sesungguhnya sangat komersil, sehingga seharusnya orang kesmas tidak kesulitan dalam mencari dana atau sponsor. Ia mencontohkan bahwa produk AC pun kini tak hanya berlomba-lomba untuk menjadi paling dingin, tapi juga berlomba-lomba menjadi AC paling ramah lingkungan dan paling sehat. Bisa membunuh virus, lah, inilah, itulah.😀

Nah, salah satu penyakit yang paling sering disinggung dalam iklan-iklan produk adalah demam berdarah. Dari pencegahan sampai penanggulangannya lengkap dibahas di iklan.

Dari manakah Anda pertama kali mendengar 3M? (jangan bilang dari Aa Gym, ya… :lol:) Saya pertama kali mendengar 3M (langkah pencegahan DBD – menguras, menutup, mengubur) dari iklan obat nyamuk Tiga Roda. Waktu itu bintang iklannya Basuki. Sayangnya, ketika saya melakukan pencarian “Iklan tiga roda Basuki” di google, yang keluar malah gambar Pak Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).😆

Panadol juga pernah menayangkan iklan mengenai siklus demam pada penyakit DBD dan cara penanganannya.

Saat mengambil mata kuliah Administrasi Kesehatan Masyarakat, saya juga mempelajari bahwa (kalau tidak salah ya), katanya iklan kesehatan masyarakat yang dibuat oleh swasta (atau iklan komersial) itu lebih menarik daripada iklan yang dibuat oleh pemerintah. Kadang kalau melihat iklan-iklan layanan masyarakat, saya setuju juga sih dengan pernyataan itu.😀

Tapi sampai saat ini, iklan kesehatan masyarakat yang paling legendaris (yang sering dibicarakan keberhasilannya di kelas-kelas) adalah iklan garam beryodium yang dibintangi Ulfa Dwiyanti.

Sayangnya, ketika saya cari “iklan garam beryodium ulfa” di google, yang ketemu hanya artikel ini.

Oh iya, ada satu lagi iklan legendaris: iklan Combantrin yang “anak ibu cacingan?” | “Oh, tentu tidak”. Saya ingat karena dulu suka diledekin pakai pertanyaan itu :lol: #orangkecil *insert emot tertawa sambil menangis*. Itu juga saya google tidak ketemu iklannya.

Di mana yah, bisa ditemukan arsip iklan-iklan legendaris seperti itu??

Tinggalkan Balasan

