Don Rosa

Suka komik?

Jika saya mengadakan survey, mungkin sebagian besar responden yang menjawab “ya” pada pertanyaan di atas merupakan pencinta Manga.

Sebagian agak besar lagi mungkin penyuka komik superhero Amerika (Superman, Hulk, dkk.).

Dan mungkin ada sebagian lagi ada yang masih menggemari komik-komik silat.

Tapi, ada nggak sih orang dewasa yang masih suka Donal Bebek? Komik dengan tokoh hewan-hewan seperti Donal Bebek sering dianggap terlalu kekanak-kanakan dan tidak cocok bagi orang dewasa😦.

Jika kalian pernah membaca seri “The Life and Times of Scrooge McDuck” (Kisah Hidup Paman Gober), anggapan bahwa cerita Komik Donal Bebek kekanak-kanakan bisa dipastikan salah. Seri yang menceritakan perjalanan hidup Paman Gober, dari seorang seekor penyemir sepatu di Glasgow, hingga menjadi Bebek terkaya di dunia tersebut, merupakan karya seorang komikus Disney bernama Don Rosa.

Don Rosa
Don Rosa merupakan salah satu komikus Disney yang karakternya sangat kuat. Dia memang bukan Carl Barks yang menciptakan Gober Bebek, dan hampir seluruh isi Kota Bebek. Namun, ciri khas pada gambar komiknya, membuat karya Don Rosa sangat mudah dikenali, mudah dibedakan dari komikus Disney lainnya.

*yak sampai di sini silakan googling gambar komik Don Rosa. mau saya insert picture namun koneksinya nggak oke nih😦 *

Hidden Mickey
Hampir di setiap komik Don Rosa terdapat Hidden Mickey, sosok Mickey yang tersembunyi. Yak, mickey yang dimaksud di sini adalah Mickey Mouse, atau Miki Tikus, kartun yang bukan hanya menjadi kebanggaan Disney, tapi juga Amerika. Miki bahkan pernah menjadi simbol propaganda saat Perang Dunia.

Sosok Miki yang tersembunyi ini sering digambarkan berupa kaktus yang menyerupai kepala Miki. Penggambaran Hidden Mickey yang sangat “parah” sih ada di komik “Perjanjian Rahasia Culebra”. Yang pertama, sosok Miki (gambarnya keciiil banget) digambarkan sedang berlari panik, saat traktor Gober & Teddy Roosevelt meluncur menuju perkampungan penduduk. Yang kedua, Miki (seukuran boneka) digambarkan terkurung di lemari kaca Ny. Roosevelt, dan ingin keluar. Penggambaran yang cenderung ‘mengenaskan’ seperti ini membuat Hidden Mickey kadang disensor sejumlah penerbit, terutama di Amerika.

Mengapa sih, Don Rosa membuat Hidden Mickey? Kono alasannya karena Don Rosa tidak suka dengan karakter Miki yang terlalu sempurna. Sosok Miki selalu digambarkan sebagai pahlawan, detektif yang ulung. Tikus yang baik (iya sih, si Miki ga pernah ngegigitin kabel atau kayu #itumahtikusdirumah). Baik-baik semua deh pokoknya. Beda banget sama Donal, yang punya karakter manusiawi. Meski sering digambarkan pemarah, pemalas, namu Donal juga kadang jadi pahlawan (walau tak sengaja), sayang pada ponakannya, dan pamannya🙂. Paman Gober yang terkenal berkarakter kikir, pelit, pemarah, serakah, oleh Don Rosa juga digambarkan sebagai sosok yang punya hati (mencintai keluarganya di Glasgow, Goldie, dan ponakan-ponakannya, meski gengsi untuk dia tunjukkan).

D.U.C.K.

Di panel pertama komik Don Rosa hampir selalu kita temukan tulisan D.U.C.K. (singkatan dari Dedicated for Unca Carl from Keno). Unca Carl yang dimaksud adalah Carl Barks, sedangkan Keno adalah nama depan daro Don Rosa. Hampir semua (atau semua?) karya Don Rosa menggunakan tokoh komik ciptaan Carl Barks, sih.

Pada komik pertamanya (The Son of The Sun), Don Rosa menuliskan D.U.C.K. begitu saja di panel terakhir. Namun, karena dikira sebagai tanda tangan, tulisan D.U.C.K tersebut dihapus editor (komikus Disney tidak boleh mencantumkan nama/tanda tangan pada komiknya).

Makanya, pada komik-komik selanjutnya, tulisan D.U.C.K ini dibuat “menyamar” di panel pertama komik. Dia bisa tersamar sebagai batu bata, ornamen pada uang kertas, atau bagian dari dekorasi kue. Coba, deh, temukan D.U.C.K pada panel pertama Cerita “King of Klondike” ini.

Jumlah Panel Per Halaman

Berbeda dengan komikus lainnya yang biasanya menggambar maksimal 9 panel per halaman, Don Rosa sering membuat 12 panel (atau lebih) per halaman! Selain itu, gambar komiknya pun dibuat sangat detail. Nggak usah lihat tokoh komiknya deh, dari caranya menggambar awan saja sudah sangat khas, penuh detail.

Sumber Cerita dari Sejarah

Don Rosa sering mendasarkan cerita komiknya pada sejarah.  “Perjanjian Rahasia Culebra”  mengambil setting saat pembangunan terusan Panama, dan melibatkan tokoh sejarah seperti Teddy Roosevelt. “Harta Karun di Bawah Kaca” menceritakan tentang perburuan harta karun Spanyol. Bahkan ada komik yang berlatar belakang Hindia Belanda, di tahun Gunung Krakatau meletus :)).

Ada juga komik yang ceritanya dibumbui dengan cerita daerah dari Finlandia, yaitu Kalevala. Komik yang menghadirkan tokoh mitologi seperti Vainamoinen dan Louhi ini merupakan komik Don Rosa pertama yang saya baca😀.

Pensiun

Masih banyaaak keunikan Don Rosa lainnya, selain dari yang tersebut di atas. Misalnya saja, ada lho komik Don Rosa yang ceritanya mirip film “Inception”. Ada juga komik yang berlatar belakang luar angkasa.

Yang pasti, menurutku, Don Rosa bisa membuat tokoh-tokoh komiknya, warga Kota Bebek, yang sebelumnya memiliki citra ‘kekanak-kanakan’, ‘lalala-yeyeye’, menjadi ‘berkarakter’. Manusiawi. Seperti tokoh film atau novel saja😀.

Sayangnya kini kita tak bisa lagi menikmati karya terbaru dari Don Rosa. Beliau ternyata telah pensiun sejak September 2012. Dan, sedihnya, ada sejumlah cerita pahit di balik pensiunnya beliau😦.

Cerita pensiunnya Don Rosa bisa dibaca di sini. Dan akan saya tulis di postingan lain di blog ini. Karena postingan ini sudah kepanjangan😛.

Yang ingin tahu lebih banyak tentang Don Rosa bisa ke www.duckhunt.de atau http://duckman.pettho.com/.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s