Mimpi Skripsi

Ada yang bilang mimpi hanyalah ‘bunga tidur’.  Ada juga yang bilang kalau mimpi adalah ‘kunci untuk menaklukkan dunia’ (iya, itu dari lirik lagu Nidji😀 ). Ada juga sebuah perusahaan yang menjadikan mimpi sebagai motto produknya. “The Power of Dreams”, begitu motto produsen kendaraan bermotor tersebut.

Kenapa tiba-tiba saya ngomongin mimpi? Kemarin saya membuka link berita dari bbc.co.uk mengenai Lucid Dream (keadaan ketika seseorang sadar kalau dirinya sedang bermimpi).  Nah, dalam artikel itu ada beberapa hal yang menarik.  Ternyata sekarang sudah ada aplikasi ponsel yang dapat menstimulasi mimpi dengan tema tertentu😀.  Selain itu, adapula informasi mengenai mimpi-mimpi yang ‘terkenal’.  Sebut saja mimpi mantan Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln mengenai pembunuhannya, seminggu sebelum peristiwa itu terjadi, serta salah satu lagu terkenal Tha Beatles, “Yesterday” yang melodinya tercipta dalam mimpi Paul McCartney😀.

Friedrich Kekule juga menemukan struktur Benzena dalam mimpi lho, yaitu ketika dia memimpikan seekor ular yang menggigit ekornya sendiri (CMIIW).  Nabi Ibrahim pun konon mendapat petunjuk untuk melaksanakan kurban dalam mimpi.

Saya tidak biasa bermimpi mengenai hal-hal yang serius. Tapi beberapa bulan lalu, ketika saya masih bingung dengan skripsi saya (sampai sekarang pun masih bingung sebenarnya), saya sempat bermimpi mengenai skripsi, tepatnya mengenai tema skripsi.

Jadi, pada mimpi tersebut, saya sedang melintasi Kebun Raya Bogor (KRB).  Saat itu, entah kenapa pengunjung KRB sedang banyak, sampai pengunjung yang akan masuk harus mengantri hingga ke jalan raya -_-.

Nah, nggak tahu kenapa, tiba-tiba dalam mimpi itu saya berpikir mengenai tema skripsi.  Gimana kalau saya membuat skripsi mengenai kesehatan lingkungan di tempat wisata, yaitu di KRB???

Terus respondennya siapa? | Ya pengunjung KRB lah… | Tapi  gimana milih sampelnya (ga mungkin kan pake daftar pengunjung)? Terus cara ngambil datanya gimana?  | Kayaknya bisa deh pake metode ‘Exit Poll’. Jadi kita ngasih kuesioner ke pengunjung yang baru keluar dari KRB.  Tentunya ga semua pengunjung yang diberi kuesioner.  Pengunjung yang diberi kuesioner hanya pengunjung yang keluar di menit-menit tertentu saja.  Dengan demikian, bisa dikatakan kalau kita tetap mengambil sampel dengan cara random…

Yak… saya benar-benar memimpikan hal itu.  Bahkan dalam mimpi pun sampai memikirkan metode penelitian, cara pengambilan sampel… -_-

Kalau kata Afghan: Skripsi mengalihkan duniaku… -_-

Nah, apakah saya benar-benar mengambil tema itu? Tidak🙂 . Saya sudah punya tema lain untuk skripsi, yang bahan-bahannya sudah saya kumpulkan sejak setahun lalu.  Sayang kalau saya harus mengubah tema lagi, meskipun tema yang saya mimpikan ini sama sekali bukan ide yang buruk, menurut saya.

Yah, mungkin kalau ada kesempatan, suatu saat nanti…😉

Tinggalkan Balasan

