Liverpool Action for Health: When Football and Public Health Unite

Di sebuah kuil, dua gerombolan saling berhadapan.  Pemimpin salah satu kelompok kemudian memberi aba-aba kepada anggota timnya untuk mulai menyerang.  Sang pemimpin, yang berambut pirang, kemudian melewati satu demi satu rintangan dari lawan-lawannya.  Hingga akhirnya, ia hanya tinggal berhadapan dengan sang penjaga gawang.  Suasana tegang.  Si pirang melepaskan tembakan, dan… goooll…

Si pirang, setelah melakukan selebrasi, kemudian menyampaikan pesan kepada para penonton: “Watch World Cup on Intersport”.

Deskripsi di atas merupakan adegan demi adegan dari iklan rokok Gudang Garam yang dibintangi oleh mantan pemain Klub Sepak Bola Liverpool (yang kini membelot ke Chelsea), Fernando “Judas” Torres.

Hal ini ironis mengingat olah raga, yang seharusnya menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan (upaya promotif), justru menjadi alat bagi perusahaan rokok untuk menjual lebih banyak produknya, yang mengandung jutaan racun bagi fisik, mental, dan kesejahteraan manusia.  Memang tidak bisa dipungkiri bahwa selama rokok masih diperbolehkan menjadi sponsor pertandingan olah raga, sepak bola tak akan dapat dipisahkan dari embel-embel si racun Sembilan senti ini, dan kesehatan masyarakat tidak akan pernah berjalan seirama dengan olah raga.

Namun, siapa sangka bahwa Liverpool FC, klub tersukses di dataran Inggris, telah membuktikan bahwa sepak bola dan kesehatan masyarakat dapat bersatu.  Di tengah isu pembangunan stadion baru, Klub yang telah memenangi 18 gelar juara Liga Inggris dan lima kali juara Eropa ini juga memiliki sebuah program yang membantu menggerakkan upaya kesehatan masyarakat di Merseyside, wilayah basis klub itu.

Action for Health


Action 4 Health, nama program tersebut, merupakan sebuah proyek jangka panjang untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan di wilayah Liverpool Utara.

Action 4 Health didanai oleh Liverpool City Councilmenggunakan dana dari European Social Fund sebesar

£380.000,-.  Program ini mencakup program kesehatan bagi wanita muda, pencegahan obesitas pada anak-anak, cek kesehatan untuk dewasa, serta acara yang berfokus pada kesehatan penduduk usia 55 tahun ke atas.

Action 4 Health menunjukkan komitmen klub berlambang Liverbird ini dalam mengupayakan peningkatan kualitas hidup warga lokal Liverpool, khususnya yang berkaitan dengan gaya hidup sehat.

Liverpool FC bahkan juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan National Health Service (NHS) di Inggris sebagai bagian dari jalannya program ini.  Perjanjian semacam ini merupakan yang pertama bagi klub manapun di Inggris.  Selain itu, program ini juga mendapat sokongan dari dua legenda Liverpool, Kenny Dalglish dan Jamie Carragher.

Kenny & Carra

Selama lima tahun terakhir, Action 4 Health telah menjangkau ribuan orang yang tidak mengakses layanan kesehatan dari NHS.  Lebih dari 6000 tes kesehatan yang dilakukan di Liverpool Utara menemukan tingginya kasus diabetes tipe-2 dan penyakit kardiovaskuler.

Regeneration director Liverpool FC, Andrea Titterington, mengatakan: “Kami telah menunjukkan selama 5-6 tahun terakhir bahwa klub ini telah menjangkau warga yang mungkin tak terjangkau oleh NHS. Banyak warga yang mengikuti program Men’s Health kami bahkan tak pernah menemui dokter selama 30 tahun.

“Derajat kesehatan di Liverpool Utara jauh lebih buruk dibanding wilayah lainnya di Inggris.  Bahkan usia harapan hidup di wilayah ini mencapai 10 tahun lebih rendah dari usia harapan hidup di Liverpool Selatan.

“Kami tidak dapat mengubah orang menjadi seperti Jamie Carragher atau Pepe Reina, namun, setidaknya, kami dapat mendorong orang untuk memperhatikan kesehatan mereka.”

Menurut konsultan program Action 4 Health, Mark Haig, petugas kesehatan yang menjalankan program ini akan menggunakan seragam yang memiliki badge Liverpool.  “Hal ini berarti, mereka dapat mengajak orang dengan lebih mudah, terutama kaum pria,” ujar Haig.

Action for Health menunjukkan bahwa Liverpool adalah klub sepakbola yang peduli.  Tidak hanya peduli terhadap fans atau pegawainya, tetapi juga terhadap warga sekitar Liverpool.

“This is about being a good neighbor,” tambah Mark Haig.

You’ll Never Walk Alone

Dengan adanya Action for Health, Liverpool telah membuktikan bahwa semboyan mereka, You’ll Never Walk Alone, bukan hanya sekedar jargon belaka.  Action 4 Health Liverpool memastikan bahwa warga Liverpool tidak akan sendiri dalam menjaga kesehatannya.  Mereka juga takkan sendiri dalam menghadapi penyakitnya, karena klub kesayangan mereka akan selalu ada untuk memastikan warga Liverpool mendapatkan akses layanan kesehatan masyarakat yang layak.

Saya hanya berpikir, jika klub-klub di Indonesia – yang mana hampir tiap kota atau kabupaten memiliki klub sepak bola – menjalankan program semacam Action for Health, mungkin target Millennium Development Goals Indonesia sudah tercapai.

Pertanyaannya, dengan sebagian besar klub yang masih tergantung pada dana APBD, bisakah tim sepakbola Indonesia menjalankannya?

Related Link:

New Deal is Healthy for Liverpool FC http://www.liverpoolfc.tv/news/latest-news/new-deal-is-healthy-for-lfc

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s