Kesmas-Viking Satu Hati. Dalem Angkot, Rokok Harus Mati!

Peristiwa ini saya alami di Angkot jurusan Sukasari-Ciparigi, hari Sabtu lalu.  Angkotnya berwarna hijau dan ungu di bagian bawahnya. Dan saya salut kepada Pak supir yang juga memakai baju warna ungu-hijau. Matching sekali dengan warna angkotnya…

Matching amat bajunya, Mang😀

Situasi di dalam angkot cukup sepi.  Di sana hanya ada saya, bersama beberapa penumpang lainnya, yang naik dan turun silih berganti.  Sementara saya, seperti biasa, selalu menjadi orang yang pertama naik dan paling terakhir turun.

Tiba-tiba, di tengah jalan, angkot ini distop oleh dua orang, satu memakai kaos viking (pendukung Persib), satunya lagi memakai kaos hitam.  Angkotnya belum benar-benar berhenti, tanpa tedeng aling-aling kedua penumpang itu langsung naik aja…

Penumpang yang pakai kaus viking duduk di depan, sebelah pak kusir supir.  Yang satunya lagi, entah mengapa, malah memilih nangkel (duduk di depan pintu), padahal masih banyak tempat duduk kosong di belakang…

Merasa aneh melihat kelakuan penumpangnya, pak supir pun menyarankan…

Pak Supir: Duduknya di dalem atuh, jang…

Penumpang: Keur ngaroko pan ieu (lagi ngerokok nih…)

Hooo… ternyata si penumpang ini nggak mau duduk di dalem angkot karena lagi ngerokok toh… Mungkin karena di depannya jelas terpasang stiker kawasan anti rokok,  yaa…

Ya, sejak tahun 2010 lalu, Pemkot Bogor memang telah memberlakukan Perda nomor 12/2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok, yaitu larangan untuk merokok di tempat-tempat umum, termasuk di angkot (kendaraan umum).

Stiker KTR ini telah dipasang di seluruh angkot yang beroperasi di Kota Bogor.  Tapi, sayangnya, larangan merokok ini tidak digubris, baik oleh penumpang maupun oleh supir kendaraannya seendiri.  Para perokok tetap dengan leluasa mengepulkan asap tembakau di dalam angkot, sementara penumpang lainnya yang sadar dengan adanya peraturan itu merasa enggan untuk mengingatkan.

Makanya saya salut banget begitu ada orang, yang rela duduk di depan pintu ketika merokok, terlepas dari ada-tidaknya niat dari dirinya untuk mentaati peraturan ini.

Dan yang membuat saya lebih salut, si penumpang itu (diduga) adalah VIKING!

Mungkin mereka kalau naik angkot memang tanpa tedeng aling-aling, langsung naik aja. Tapi masalah ngerokok, mereka ternyata patuh terhadap peraturan. Yah, setengah patu lah, karena toh masih ngerokok juga😛.

Kalau biasanya orang bilang, “Bonek-Viking Satu Hati, J**-A**** Harus Mati!” Kali ini saya bisa bilang…

“Kesmas-Viking Satu Hati, Dalem Angkot, Rokok Harus Mati!”

Sayang sekali ISL masih disponsori oleh rokok😦

Oh, iya, mungkin salah satu faktor yang menyebabkan si penumpang-perokok tidak merokok di dalam angkot adalah adanya tulisan “TONG NGAROKO DI JERO ANGKOT ATUH  GOBLOG” yang dituliskan di stiker.

Jadi dengan melihat tulisan itu, dia ngerti kalau ngerokok di dalem angkot itu nggak boleh… hoho.  Dan selama ini, mungkin orang nggak ngerti kalau stiker KTR yang dipasang di pintu angkot itu artinya nggak boleh merokok di dalem angkot (–”)

Mungkin Pemkot Bogor bisa melakukan inovasi dalam sosialisasi perda KTR dengan menggunakan stiker bertuliskan “TONG NGAROKO DI ______ ATUH  G****G” .  “____” diisi disesuaikan dengan nama tempatnya, misalnya angkot, stasiun, pom bensin, mall, sekolah, dsb.

Jelas nggak tulisannya… heuhue

Pesan Moral: Promkes memang harus memperhatikan budaya lokal, tampaknya, nggak peduli daerahnya sudah termasuk kategori “kota” atau masih di pedesaan🙂.

4 Comments

  1. “duh aing ker ngarokok euy, loba penumpangna euy, era aing..,,,ges trus…trus..weh mang..te jadi..”
    seorang bapak yang tidak jadi naik angkot karena dia sedang merokok.
    salut saya sama si bapak.

    ini pengalaman saya di angkot 03 (bubulak-br.siang)
    semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s