Mimpi Terakhir yang Bisa Saya Ingat: Bertemu Garuda

Di abad ke-20 ini, mimpi bukan lagi sekedar bunga tidur belaka.  Mimpi dipercaya merupakan awal bagi sebuah keberhasilan.  The power of dreams, motto dari perusahaan otomotif asal Jepang, Honda, bukan sekedar jargon kosong.  Keberhasilan perusahaan tersebut konon memang diawali oleh mimpi.  Bukti “kesaktian” mimpi lainnya dapat kita lihat melalui Novel Tetralogi Laskar Pelangi, novel yang mengajarkan kita untuk jangan takut bermimpi (dan jangan takut mewujudkannya pula ;)).  Kisah mengenai mimpi di laskar pelangi bahkan laku dijual.  Tidak hanya sebagai novel, tapi juga sebagai film layar lebar, dan terakhir sebagai drama musikal. Mimpi bahkan menjadi komoditas, khususnya bagi yang ingin mengetahui tafsir dari mimpi yang dialaminya (ketik REG<spasi>MIMPI kirim ke 6288  -.-” ).

Ngomong-ngomong soal mimpi, apa mimpi terakhir yang Anda alami? Mimpinya sedih atau bahagia? Atau saking bahagianya sampai ngigau-ngigau sambil ketawa😀 ? Saya jarang mengingat mimpi saya, mungkin karena saya jarang bermimpi juga.  Namun, mimpi terakhir yang berhasil saya ingat cukup meninggalkan kesan yang mendalam, salah satunya, karena saya dapat melihat sesuatu yang tidak dapat saya saksikan di kehidupan nyata melalui mimpi ini, dan juga karena mimpi ini agak bertema #nasionalis.

Jadi, kira-kira seminggu yang lalu, entah pukul berapa, saya bermimpi sedang berada di teras rumah saya, menatap langit malam.  Tapi ada yang aneh, jika biasanya saya cuma melihat bintang, sekarang justru nggak ada bintang.  Yang ada malah Aurora. Aurora ini bukan salah satu tokoh dalam telenovela, yang biasa dipanggil dengan Aurorita, ya.  Bagi yang belum tahu seperti apa itu Aurora, nih…

Aurora Borealis

Aurora Borealis (Gambar diambil dari situs kidzcoolzone.com)

Pertama kali saya mengetahui tentang aurora adalah melalui sebuah ensiklopedi waktu saya SD.  Sejak saat itu, saya sangat terkesan dengan aurora ini, sampai-sampai ingin sekali melihatnya langsung.  Namun belakangan, saya mengetahui kalau aurora hanya bisa dilihat di belahan bumi utara (namanya aurora borealis) dan selatan (aurora australis).  Kalau di daerah khatilistiwa di Indonesia mah, hampir mustahil untuk bisa melihat aurora, kecuali dalam mimpi, tentunya…😀

Kembali ke cerita tentang mimpi. Teman-teman, ternyata aurora yang saya lihat bukan aurora biasa.  Aurora itu berbentuk burung garuda! Bahkan, beberapa saat setelah saya menyadari bahwa bentuk aurora itu menyerupai Garuda, eh, auroranya malah benar-benar berubah jadi burung garuda berwarna kuning emas, pake mengepak-ngepakkan sayapnya dan terbang segala lagi… Btw, kenapa berubahnya menjadi Garuda, ya? Mungkin ini efek menonton Indonesia vs Thailand di Piala AFF.  Kalau habis nonton Liverpool, mungkin Auroranya berubah menjadi Liverbird.  Kalau habis nonton Persib berubah jadi maung.  Untungnya nggak pas habis nonton MU, kalau tidak, pasti aurora yang saya lihat berubah menjadi Setan Merah, dan mimpi saya pun berubah menjadi mimpi seram. Hiiii… *bergidik*

Garuda

Garuda, Kendaraannya Para Dewa *sotoy mode: on* (Gambar diambil dari situs http://www.hotdishes.com/)

Sebenarnya garuda yang muncul di mimpi saya lebih mirip dengan garuda Pancasila, tapi karena gambar di atas menarik, dan karena teman-teman pasti sudah mengenal wujud garuda Pancasila seperti apa, maka yang saya pajang adalah gambar di atas. Terimakasih.

Gara-gara mimpi tentang garuda, saya jadi berpikir, di kehidupan sehari-hari, sepertinya saya belum pernah melihat garuda secara langsung. Jangankan secara langsung, lewat TV aja belum pernah, kecuali di iklan kacang Garuda dan Maskapai penerbangan Garuda Indonesia.  Karena penasaran, saya pun mencari fakta-fakta di situs Wikipedia.org tentang Garuda.  Berikut petikannya.

  • Garuda adalah seekor burung mitologis, setengah manusia setengah burung, wahana Wisnu. –> bener kan, kendaraan para dewa.. Apa kubilang. hehe..😛
  • Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) –> wah di mimpiku garudanya juga bersinar sangat terang, lho… Hiii…
  • Garuda memiliki banyak nama, di antaranya Garutmān. Apakah ini asal-usul penamaan Kabupaten Garut? *lagi-lagi >> sotoy mode: ON*
  • Selain sebagai lambang negara Indonesia, Garuda juga digunakan untuk lambang negara Thailand. Nah lho. Nggak percaya? Nih, ada gambarnya😀

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Tim Nasional Thailand juga memiliki chant “garuda di dadaku”? Iya, nggak penting sih, tapi ingin tahu saja…:mrgreen:

Garuda Afrika

Garuda Afrika (Gambar diambil dari http://mydear09.files.wordpress.com)

Nah, selain mendapatka informasi tentang Garuda yang berasal dari mitologi Hindu/Buddha, saya juga mendapatkan gambar burung garuda sungguhan, yaitu Garuda Afrika, namun ternyata saya masih belum mendapatkan penjelasan yang lengkap mengenai Garuda Afrika ini.  Jadi, untuk sementara, mari kita anggap burung Garuda merupakan bagian dari mitologi saja, ya, seperti halnya Liverbird yang merupakan makhluk rekaan, gabungan dari cormorant dan elang.

Oh, iya, karena mimpi mungkin bukan hanya sekedar bunga tidur, setiap mimpi memiliki tafsir, kan, teman-teman?  Lantas, apa yang dapat saya tafsirkan dari mimpi saya bertemu aurora dan garuda?

Menurut saya, aurora merupakan simbol/metafora dari luar negeri, dan garuda meruakan simbol dari dalam negeri/nasionalisme.  Jadi, sewaktu-waktu ketika saya dapat mencapai cita cita saya sekolah di luar negeri, di Inggris, misalnya (Ayo, semuanya bilang AMIEEEN…), saya tetap tidak boleh melupakan negeri saya. Tetap harus #nasionalis!  Garuda di Dadaku! Garuda Upon My Chest!

4 Comments

  1. Aneh…karena saya juga mimpi mirip dengan mimpi anda…saya melihat langit yang semburat dengan warna kuning dan merah keemasan di sana ada Pancasila..diantara sinar yang demikian…..beberapa hari yg lalu mimpinya sekitar tgl…10an April kalo ga salah …makanya saya browsing google dan ketemu dg tulisan anda ini..
    Sya tdk tahu apa makna mimpi ini..semoga akan menjadi kebaikan kita semua Bangsa Indonesia..serta anda dengan saya..atau orang-orang lain yg memiliki mimpi yg sama dg kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s