Jamie Carragher Cedera Dislokasi Bahu Kiri, Lalu Apa Kode ICD X-nya?

Sebelum mempraktikkan apa yang tertulis dalam postingan ini, Anda bisa membaca postingan sebelumnya mengenai ICD X terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui bersama, Minggu malam (28/11) lalu, pada pertandingan Liga Primer Inggris antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool, Kapten Liverpool pada pertandingan tersebut, Jamie Carragher, mengalami cedera di menit-menit akhir pertandingan. Setelah dilakukan diagnosa oleh dr. Bruekner dkk dari Tim Medis Liverpool, diketahui bahwa pemain berusia 32 tahun ini menderita dislokasi bahu kiri tingkat moderat dan harus absen selama 12 minggu.  Untuk itu, mari kita sama-sama mendoakan supaya Carra cepat sembuh.  Peran sebagai defender mungkin banyak yang bisa menggantikan (Agger, Wilson, Kyrgiakos, dll.), namun peran Carra sebagai pemimpin di lapangan, dengan teriakan-teriakan dan semangatnya, siapa yang bisa menggantikan? Get well soon Carra😀.

Carragher-Getty285

Carragher beranjak meninggalkan lapangan setelah mengalami cedera (dan masih sempat-sempatnya teriak pada Sotirios Kyrgiakos yang akan menggantikannya "Woy, Soto, cepetan!")

Nah, Saya kebetulan dua hari setelah pertandingan ini akan menjalani Ujian Tengah Semester tentang Terminologi Kesehatan, yaitu suatu mata kuliah yang membahas tentang pengkodean penyakit dan masalah kesehatan.  Jadi, nama penyakit yang sebelumnya berbentuk kata-kata (kalimat) setelah dikode dengan ICD X akan menjadi kode yang terdiri dari satu karakter alfabet dan tiga sampai empat karakter angka.  Contohnya, penyakit tifus (Typhoid Fever) dalam ICD X dikodekan dengan A01.0.  Kode ini nantinya berguna dalam pencatatan dan penentuan pembiayaan/pembayaran.

Dan sebagai anak kesmas, saya penasaran nih dengan cedera Carragher, kalau dikodekan dalam ICD X jadinya kodenya bagaimana, ya?

Untuk itu, mari kita sama-sama mengkodekan cedera Carra menggunakan ICD X yang link-nya bisa Anda lihat di postingan ini.  Bagi yang belum pernah belajar ICD, tidak apa-apa… Baca saja, untuk menambah pengetahuan:mrgreen:

Nama Penyakit: Dislokasi Bahu Kiri pada Saat Melakukan Pertandingan Sepak Bola di Stadion White Hart Lane, London.

Catatan: Untuk kode cedera, kita harus menggunakan kode ganda.  kode pertama untuk mengkodekan penyakit (cedera itu sendiri/dislokasi bahu kiri) dan kode kedua untuk mengkodekan penyebab cedera (Melakukan Pertandingan Sepak Bola di Stadion).

Langkah-1: Cari kode untuk cedera (Dislokasi Bahu Kiri)

  • Cari kata “Dislocation” di buku ICD X volume 3 (Index)
  • kemudian di halaman 188 ditemukan:

  • cari kode S43.0 di buku ICD X volume 1
  • kemudian di halaman 890 ditemukan:

  • Jadi, kode ICD X untuk dislokasi bahu kiri adalah S43.0

Langkah-2: Cari kode untuk penyebab cedera (bermain sepak bola di stadion)

Dan karena saya tidak begitu jelas Carra itu sebab cederanya apa (apakah karena terjatuh, berbenturan dengan pemain lain, atau salah gerak), kata kunci yang kita cari “injury” saja, ya.

  • Cari kata “injury” di buku ICD X volume 3 (index) [untuk kode sebab cedera, cari di section II tentang external causes of injury, buku-3 mulai halaman 625]
  • kemudian ditemukan di halaman 656:

  • Cari kode X59 di buku ICD Xvolume 1
  • kemudian didapatkan di halaman 1051:

  • Untuk penyebab cedera, kita juga perlu menambahkan kode tempat kejadian (di stadion sepakbola) dan kode aktivitasnya (sedang bermain bola)
  • Pertama-tama, kita tentukan kode tempat kejadian terlebih dahulu.  Lihat Buku ICD X volume-1 halaman 979-983.  Tempat kejadian adalah di stadion sepak bola (sports and athletic area) dengan kode .3

  • Kemudian, kita cari kode aktivitas saat kejadian cedera terjadi, yaitu saat bermain sepak bola.  Cari di buku ICD X volume-1 halaman 984-985.  Aktivitas saat Carra cedera adalah saat bermain sepak bola (while engaged in sports activity), maka kode aktivitasnya adalah .0

  • Jadi, Kode sebab kejadian untuk cedera dislokasi bahu kiri saat bermain sepak bola di stadion adalah X59.30, di mana X59 menunjukkan kode penyebab cedera, 3 menunjukkan kode tempat kejadian cedera, dan 0 menunjukkan kode aktivitas saat cedera terjadi.

Kesimpulan, secara keseluruhan, cedera dislokasi bahu kiri yang dialami Jamie Carragher saat melakukan pertandingan sepakbola melawan Tottenham di Stadion White Hart Lane dalam ICD X dikodekan dengan S43.0 X59.30 ———————–> Bener nggak dr. Bruekner? Hehehe… mohon maaf kalau salah, yaa. Namanya juga belajar:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s