Be A Biostatistician, Be A Leader!

(Tulisan ini pernah dimuat dalam  Buletin Varsity of Biostatistics [HMD Biostatistika FKM UI] edisi Mei 2010)

“Oleh karena itu, bagi mahasiswa FKM UI angkatan 2008 yang merasa tertantang untuk menjadi pemimpin, kami tunggu Anda untuk bergabung di Departemen Biostatistik.”

Begitulah kira-kira kata-kata penutup yang diucapkan oleh Dr. Indang Trihandini, Ketua Departemen Biostatistika dan Informatika Kesehatan, pada Seminar Pengenalan Peminatan untuk Angkatan 2008 lalu. Kalimat itu pulalah yang mungkin juga menginspirasi 23 mahasiswa FKM angkatan 2008 untuk bergabung dalam departemen yang terletak di Gedung A lantai 2 ini. Namun, selain kata-kata tersebut, apa saja, ya, hal lain yang dipertimbangkan mereka dalam memilih Departemen Biostat?  Artikel ini akan membahasnya dari segi Jurusan (peminatan) yang ada di departemen ini, kelebihan, serta prospek kerja lulusan SKM dari Departemen Biostatistik dan Informatika Kesehatan.

Kurva Normal Gauss

Inilah gambar kurva yang sangat "akrab"di kepala mahasiswa biostatistik. Kurva Distribusi Normal Gauss.

Jurusan

Departemen Biostatistika dan Informatika Kesehatan terdiri dari tiga peminatan, yaitu Biostatistika, Informatika Kesehatan (Infokes) dan Manajemen Informatika Kesehatan (MIK).

  • Keilmuan Biostatistika ditujukan untuk menerapkan metode-metode statistik dalam kesehatan masyarakat, transformasi data menjadi informasi dan manajemen data.
  • Keilmuan Informatika Kesehatan ditujukan pada metodologi sistem informasi kesehatan. Oleh karena itu, peminatan ini tidak terlepas dari teknologi komputer, algoritma, pemrograman dan basis data.
  • Manajemen Informasi Kesehatan lebih mengacu pada perkembangan aplikasi dan teknik analisis kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang valid dan terkini.

Kelebihan

  • Kesempatan ikut penelitian (survei), misalnya Survei Perilaku Sehat untuk seluruh Mahasiswa UI angkatan 2009 yang saat ini sedang diselenggarakan oleh UP3N (Unit Prevensi dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba) yang berada di bawah  Direktorat Kemahasiswaan UI
  • Menguasai berbagai software statistik yang dapat diaplikasikan dalam dunia kerja, seperti SPSS, Epi Info, Minitab dan Stata.
  • Ilmu biostatistika dapat diterapkan dalam semua cabang ilmu di kesehatan masyarakat, bahkan ilmu epidemiologi yang merupakan “Mother of Public Health” pun memerlukan biostatistika sebagai metode untuk menganalisa data-data yang mereka dapatkan.
  • Rata-rata jumlah peminat departemen ini cenderung sedikit juka dibandingkan dengan departemen lainnya. Cocok untuk teman-teman yang tidak menyukai kelas besar dan membutuhkan konsentrasi belajar yang tinggi
  • Departemen Biostatistik tidak mengenal istilah dosen yang “kaku”. Rata-rata dosen di departemen ini menyenangkan dan sering menyelipkan intermezzo (jokes, cerita, pengalaman, perbandingan) dalam kuliahnya sehingga tidak membuat mahasiswanya bosan
  • Mata kuliah yang dipelajari tidak hanya bersifat teoretis, tapi juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja, misalnya Teknologi Komputer, Teknologi Internet, Manajemen dan Analisis Data, dsb.

Prospek kerja

Pak Tris Eryando dalam salah satu sesi perkuliahannya pernah berujar bahwa seorang mahasiswa departemen biostatistik, bila sudah lulus dari FKM UI dapat bekerja sebagai:

  • Konsultan;
  • Pegawai negeri (misalnya di Bagian Litbang Kementrian Kesehatan);
  • Dosen atau peneliti;
  • Dan tidak tertutup kemungkinan untuk bekerja di luar bidang kesmas, misalnya menjadi teller bank. Namun, usahakan untuk tidak mengkhianati bidang ilmu yang kalian tuntut selama kuliah, ya. He-he;
  • Teman-teman juga dapat menjadi anggota parlemen atau bahkan kepala daerah jika memiliki “modal” (berupa uang, massa, dan dukungan politis) yang memadai.

Terakhir, untuk menutup artikel ini, ada beberapa patah kata yang sangat menggambarkan kelebihan Biostatistik dibandingkan dengan bidang keilmuan lain di bidang Kesehatan Masyarakat:

Biostatistika merupakan departemen yang memegang segala informasi yang dibutuhkan untuk merencanakan dan menjalankan program. Dan, informasi itu mahal. Oleh sebab itu, para biostatisticians, adalah orang-orang yang dicari.

4 Comments

  1. salam..
    saya sangat suka dengan artikel ini.. kebanyakan teman2 menganggap statistik itu rumit, susah, membosankan, dan jauh dari kata “Fun”.. tapi menurut saya, statistik itu unik dan asik… Thank you for posting and sharing this…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s